Selasa, 28 Februari 2012


FENOMENA DARI TERTAWA

Tertawa, hhahaha...
Menurutku semua orang pasti pernah tertawa walaupun sekali seumur hidup.
Lalu, Apa yang sebenarnya dapat menyebabkan orang untuk tertawa??
Pasti banyak sekali yang dapat menyebabkan orang untuk tertawa. Entah karena melihat sesuatu yang lucu, menonton acara komedi, di gelitikin atau juga bisa orang tertawa karena keinginannya sendiri (tertawa tanpa sebab), dll.

Lalu, Apa yang orang rasakan pada saat tertawa??
Biasanya orang yang tertawa merasakan perasaan senang pada saat tertawa. Karena jarang sekali kita temui ada orang yang dalam keadaan sedih lalu ia tertawa. Kalau menemui orang yang dalam keadaan senang lalu ia menangis haru, mungkin pernah kita jumpai. Tetapi, jika orang yang sedang sedih, entah karena di timpa musibah atau lagi berduka  jarang bahkan tidak pernah kita jumpai orang yang dalam keadaan tersebut untuk tertawa.
Jadi, orang yang tertawa pada saat ia tertawa pasti yang ia rasakan adalah perasaan senang.

Apakah manfaat dari tertawa itu sendiri yahc??
Hhm.. apa yahc?? Mungkin kalau bagi kehidupan kita dalam masyarakat tertawa itu dapat membuat rasa lega, lalu juga dapat meringankan sedikit beban pikiran, bisa juga membuat perasaan puas di dalam hati.
Lalu, pada saat atau keadaan apakah orang bisa tertawa??
Kalau orang tertawa biasanya dalam keadaan rame atau sedang bersama orang lain. Entah sedang bersama teman, sahabat, guru, keluarga, dll. Yang jelas orang itu tertawa tidak sendirian atau tertawa-tawa sendiri, kalau tertawa sendiri takutnya di kira orang gila lagi. Jika orang-orang sudah berkumpul maka pada saat berbincang, berdiskusi, berkerja bahkan belajar pun orang bisa menjadi tertawa. Jadi, intinya dengan siapa pun dan dimana pun orang bisa melakukan aktivitas tertawa.
Apakah yang ditimbulkan dari orang yang sedang tertawa ??
Kalau ada orang yang tertawa, apalagi tertawanya berjamaah atau bersama-sama biasanya menimbulkan suara yang melengking atau menggema sehingga membuat  orang lain yang mendengarnya merasa terkejut, dapat juga membuat orang lain tergangu dengan suara dari tertawa itu sendiri bahkan orang lain sampai istigfar jikalau mendengar orang-orang yang sedang tertawa. Karena setiap orang memiliki expresi yang berbeda pada saat tertawa, contohnya : ada orang yang tertawa dengan gaya yang berlebihan atau sering disebut lebay, ada juga orang yang jika tertawa pasti memukul teman di sampingnya, ada juga orang yang tertawa sampai terbahak-bahak, bahkan ada orang yang tertawa sampai mengeluarkan airmata,dsb. Dengan expresi yang berbeda-beda tersebutlah yang dapat menimbulkan orang lain merasa terganggu.

Apakah ada etika untuk kita pada saat tertawa??
Tentu saja ada..
Apakah  itu??
Mau tau??

Yukz,mari kita simak bacaan di bawah ini

Tertawa itu boleh-boleh saja namun sehendaknya kita pada saat tertawa janganlah sampai terbahak-bahak atau melampaui batas. tertawalah yang wajar tanpa harus membuat orang lain terganggu dengan suara tawa kita.

Adapun jika kita mengikuti teladan dari Rasulullah saw yaitu beliau tidak pernah tertawa terbahak-bahak melainkan hanya tersenyum.

Dari Aisyah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam, bahwa dia berkata :
“ Saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan tenggorokan beliau, beliau biasanya hanya tersenyum. ”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Selain tertawa yang terbahak-bahak itu dapat menimbulkan orang lain yang mendengarnya merasa terganggu, tertawa yang berlebihan atau kebanyakan tertawa pun dapat mematikan hati.
Loh, koq bisa yahc??

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“ Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.”
(HR. At-Tirmizi dan  Ibnu Majah)

Banyak tertawa akan menyebabkan hatimu menjadi keras, terlalu senang dengan kehidupan dunia sehingga melupakan kehidupan di akhirat, susah menerima nasehat yang baik dsb, karena hatinya telah mati.
Jadi, tertawalah namun jangan berlebihan dan tertawalah namun jangan keseringan!!


                          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar